Selasa, 13 Januari 2009

Islam Memandang Hubungan Sesama Jenis

ISLAM MEMANDANG HUBUNGAN SESAMA JENIS

Oleh : Muhamad Ridwan (Mahasiswa UIN Jakarta FITK-PBA)


  1. Pengertian Hubungan Sesama Jenis

        1. Pengertian Homoseksual ( Liwaath )

Homoseksual adalah hubungan seksual antara orang yang sejenis kelaminnya, baik sesama pria atau sesama wanita. Namun istilah homoseks ini digunakan untuk pria. Homoseks merupakan penyimpanan dari fitrah manusia karena secara fitrah manusia cenderung untuk melakukan hubungan biologissecara heteroseks. Dibawah ini akan dikemukakan pendapat beberapa ahli mengenai homoseksual :

          1. Dr. Sarlito Wirawan Sarwono mengatakan : “ Homoseksualitas adalah hubungan seks antara dua orang yang sama jenis kelaminnya.”

          2. Dr. Ali Akbar mengamukakan bahwa yang dimaksud dengan homoseksual adalah mencari kepuasan seksual dengan jenis yang sama, baik secara rangsang-merangsang maupun tindakan yang menyerupai senggama.

          3. Dr. Eustace Chesser berpendapat bahwa homoseksual adalah cinta di antara orang dari kelamin yang sama.


        1. Pengertian Lesbian ( As-Sahaaq)

Istilah lesbian diperuntukkan bagi panggilan wanita-wanita yang melakukan hubungan seksual sesamanya. Lesbian merupakan salah satu kebalikan dari homoseks, artinya para wanita lesbian ini cenderung untuk mencintai sejenisnya dan ia akan mendapatkan kepuasan seks bila dilakukan dengan wanita, bukan dengan laki-laki.


  1. Sebab-Sebab Terjadi Hubungan Sesama Jenis

Mengenai sebab-sebab terjadi homoseksual/lesbian, para seksuologi berbeda pendapat. Ada yang mengatakan karena pembawaan dan ada pula yang berpendapat karena faktor-faktor psikis. Di bawah ini dikemukakan beberapa penyebab mengapa seseorang menjalani hubungan sesama jenis :

          1. Moerthiko berpendapat bahwa homoseksual itu terjadi karena pengalaman-pengalaman di masa lampwu tentang seks yangmembekas pada pikiran bawah sadarnya.

          2. Ann Landers mengatakan bahwa homoseksual/lesbian dapat terjadi karena salah asuh di masa kecilnya atau perlakuan orang tua yang salah.

          3. Tidak pernahnya seorang laki-laki memperhatikan lawan jenisnya. Hal ini kadang-kadang menyebabkan ketidakmampuan untuk melakukan koiyus dengan lawan jenisnya.

          4. Zakiah Darajat mengatakan bahwa homoseksual/lesbian itu terjadikarena pengaruh lingkungan, seperti terjadi pada orang-orang yang hidup terpisah, yang jauh dari lawan jenis, mungkin disebabkan karena tugas, adat kebiasaan, atau peraturan yang sangat keras, yang tidak memberikan kesempatan untuk berkenalan dengan lawan jenis.

          5. Dr. Cario mengenukakan bahwa menurutnya homoseksual/lesbian adalah suatu gejala kekacauan syaraf, yang berasal karena ada hubungan dengan orang-ornag yang berpenyakit syaraf.

          6. Peran orang tua yang tidak proposional. Tokoh ayah terlalu dominan dan ibu pasif atau sebaliknya ibu terlalu dominan dan ayah pasif, umumnya dianggap para ahli sebagai penyebab terjadinya homoseksual.

          7. Pribadi yang lemah


  1. Pengaruh Homoseks/Lesbian Terhadap Jiwa

Perbuatan homoseks yang merupakan penyimpangan biologis pada menusia ini tentu dapat menyebabkan kerusakan pada jiwa manusia, karena nafsu seksual adalah suatu pemberian dari Allah sebagai kelengkapan dan kesempurnaan hidup manusia. Maka, bila menyimpang dari Sunatullah ini, akan menyebabkan dampak negatif terhadap kesehatan jiwa dan akhlak. Pengaruh tersebut antara lain :

  1. Kegoncangan batin. Orang yang melakukan homoseks akan menglami kegoncangan dalam dirinya, karena ia merasakan ada kelainan perasaan terhadap dirinya. Dalam perasaannya ia merasa sebagai wanita, sementara organ tubuhnya adalah laki-laki, sehingga ia lebih simpati terhadap orang yang sejenis dengan dirinya dalam penyaluran seksualnya.

  2. Depresi Mental, yang mengakibatkan ia lebih suka menyendiri dan tersinggung, sehingga ia tidak dapat merasakan kebahagiaan hidup.

  3. Pengaruhnya terhadap akhlak sangat berbahaya, karena ia tidak dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

  4. Karena ada kegoncangan batin, perasaan kecemasan dan sebagainya, maka terhadap daya pikir akan menimbulkan suatu sindrom atau himpunan gejala-gejala penyakit mental yang disebut herastenia.


Menurut Dr. Muhammad Rashfi dalam ktabnya al-Islam wa al-Tib mengatakan bahwa Islam melarang keras homoseks yang mempunyai dampak negatif terhadap kehidupan pribadi dan masyarakat, antara lain :

  1. Seorang homo tidak mempunyai keinginan terhadap wanita. Jika mereka melangsungkan perkawinan maka isterinya tidak akan mendapatkan kepuasan biologis, karena nafsu birahi suaminya telah tertumpahkan ketika melangsungkan homoseks terhadap pria dan akibatnya suami isteri menjadi renggang tidak tumbuh cinta dan kasih sayang.

  2. Perasaan cinta sesama jenis membawa kelainan jiwa yang menimbulkan suatu sikap dan perilaku yang ganjil, karena seorang homo kadang-kadang berperilaku sebagai laki-laki dan wanita.

  3. Mengakibatkan rusak syaraf otak, melemahkan akal dan menghilangkan semangat kerja.

  4. Terjangkit berbagai penyakit.


  1. Hukum dan Pendapat Ulama Tentang Homoseks/Lesbian

Syariat Islam memandang bahwa perbuatan homoseks/lesbian itu haram, dan para ulama juga telah sepakat tentang keharamannya.

Pada empat belas abad yang lalu, al-Quran telah memperingatkan manusia, supaya tidak mengulangi peristiwa kaum Nabi Luth. Allah berfirman :

82. Maka tatkala datang azab kami, kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan), dan kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi,

83. Yang diberi tanda oleh Tuhanmu, dan siksaan itu tiadalah jauh dari orang-orang yang zalim.1

1yakni orang-orang zalim itu Karena kezalimannya, mereka pasti mendapat siksa yang demikian. Adapula sebagian mufassir mengartikan bahwa negeri kaum Luth yang dibinasakan itu tidak jauh dari negeri Mekah.


Para Ulama Fiqh sepakat mengharamkan lesbian ini berdasarkan Hadits Nabi :

Janganlah Pria melihat aurat pria dan janganlah wanita melihat aurat wanita lain dan janganlah pria bersentuh dengan pria lain di bawah sehelai kain dan janganlah wanita dengan wanita lain di bawah sehelai kain.” ( HR. Abu Daud, Muslim, Ahmad, dan Tirmidzi ).


Namun, Para Ulama Fiqh berbeda pendapat tentang hukuman bagi orang yang menjalani hubungan sesama jenis :

        1. Imam Syafi’i berpendapat bahwa pasangan sesama jenis dihukum mati berdasarkan hadits Nabi, riwayat khamsah dari Ibnu Abbas :

من وجد تموه يعمل عمل قوم لوط فاقتلوا الفاعل و المفعول به ( رواه الخمسة )

Barangsiapa menjumpai orang yang berbuat homoseks seperti praktek kaum Luth, maka bunuhlah si pelaku dan yang diperlakukannya ( pasangannya ).

        1. Pendapat al-Auza’i, Abu Yusuf, dan lain-lain, hukumannya disamakan dengan hukuman zina, yakni hukuman dera dan pengasingan untuk yang belum menikah, dan dirajam untuk pelaku yang sudah menikah, berdasarkan hadits Nabi :

إذا أتى الرجل الرجل فهما زانيان

Apabila seorang Pria melakukan hubungan seks dengan pria lain, maka kedua-duanya adalah berbuat zina.”

        1. Abu Hanifah berpendapat bahwa pelaku homoseks dihukum ta’zir, sejenis hukuman yang bertujuan edukatif, dan berat ringan hukuman itu diserahkan kepada pengadilan ( Hakim ).

        2. Menurut Sayyid Sabiq, bahwa lebian di hukum ta’zir. Jadi hukuman terhadap lesbina lebih ringan bila dibandingkan dengan hukuman homoseksual. Hal ini disebabkan karena lesbian melakukan hubungan seks dengan cara menggesekkan saja, berbeda dengan homoseks.

Waallahu’alam bi shawab…

9 komentar:

  1. bagaimana ya cara menyembuhkannya?

    BalasHapus
  2. Cara menyembuhkannya,kemungkinan di lenyapkan dari bumi

    BalasHapus
  3. oohh.. berarti peran orang tua sangat penting ya bagi anak2nya, semoga yang udah baca blog ini dibukakan pintu hatinya agar kelak menjadi orang tua yang dapat menjaga anak2nya, amiin
    terima kasih kak, atas informasinya

    BalasHapus
  4. saya mau tanya , bagaimana dengan artis korea?mereka(cowok sama cowok) sering melakukan fanservice ciuman , tapi hanya sebatas menempel saja/apa itu disebut gay?
    apa kita yang menyukai hal tersebut juga dosa?tolong jawabannya

    BalasHapus
  5. Assalamu ' alaikum...
    Memang di dalam alqur'an dan hadist sudah jelas dilarang, tp di dalam kenyataannya sungguh teramat susah untuk meninggalkan hal2 itu. Janganlah anda menganggap seorang homo itu menikmati keadaan itu.
    Contohnya saya, saya laki2 umur 24 th, dahulu pernah saat msih kecil saya sering di bilang banci tp orang tua tak pernah ada pembelaan terhadap saya jika ada orang yg berkata sperti itu, dan hingga saat ini tiada 1 org pun tahu bahwa saya ini tidak normal, saya lebih condong menyukai sesama jenis, tp hanya sekedar suka, dan alhamdulillah sy tak pernah sampai menjalin hubungan yg serius, karena saya masih ingat Allah. Mungkin hati ini hanya bisa menangis, saat perasaan itu datang tiba2 di dalam hati ini, saat ada seorang pria yg membuat hati ini kagum, Mengapa.. Mengapa Allah memberi cobaan yg teramat berat seperti ini, andaikan saya bisa memilih saya tak ingin memiliki perasaan seperti ini, saya pun ingin seperti anda sekalian yang bisa hidup bahagia... Yg bisa mencintai lawan jenis sebagaimana kodratnya.
    Saya tak tahu lagi bagaimana nantinya saya menjalani hidup seperti ini,
    Saya tidak tahu kemana saya bisa mencari obat untuk kesembuhan hati ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Saudara, kita semua diuji oleh Allah. Ujian kita berbeda-beda. Akan tetapi Allah tidak memberikan ujian yang kita tidak mampu. Kita tidak tahu jika kita diberi ujian menyukai wanita, adakah kita mampu menghadapinya seperti mana ujian menyukai lelaki? Jadi, kita bersabar saja dengan ujian dan mohon doa kepada Allah agar diberi bantuan dan pahala atas kesabaran kita. Amin

      Hapus
  6. Assalamualaikum wbt Ustaz,

    Ada seorang pekerja lelaki di tempat kerja saya yang kerap melayari blog-blog mengenai kehidupan songsang atau sejenis, hampir setiap hari sejak berbulan lamanya.

    Akan tetapi bila ditanya, beliau mengatakan tujuan beliau melayari blog-blog ini sekadar ingin mengetahui dunia seks songsang dan membantu kawan-kawan yang sudah lama terpesong. Masalahnya Ustaz, tiada satu pun blog-blog yang beliau lawati menjurus kearah pemulihan akhlak dsbnya (maklumat dikongsi secara rahsia). Malahan pengakuan beliau yang kini sedang mempelajari ilmu agama dengan seorang ustaz mengenai kehidupan seorang lelaki songsang membuatkan saya sangat mencurigai latar belakang lelaki ini, adakah beliau jujur menceritakan hal yang sebenar atau disebaliknya.

    Mohon bantuan Ustaz atas perkara ini, dan cara bagaimana untuk mengetahui hal yang sebenar dari lelaki ini.

    Wassalam.

    BalasHapus
  7. VIPQIUQIU99.COM AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA

    Kami VIPQIUQIU99 AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA mengadakan SEO Kontes atau Kontes SEO yang akan di mulai pada tanggal 20 Januari 2017 - 20 Mei 2017, dengan Total Hadiah Rp. 35.000.000,- Ikuti dan Daftarkan diri Anda untuk memenangkan dan ikut menguji kemampuan SEO Anda. Siapkan website terbaik Anda untuk mengikuti kontes ini. Buktikan bahwa Anda adalah Ahli SEO disini. Saat yang tepat untuk mengetest kemampuan SEOAnda dengan tidak sia-sia, hadiah kontes ini adalah Rp 35.000.000,-

    Tunggu apa lagi?
    Kontes SEO ini akan menggunaka kata kunci (Keyword) VIPQIUQIU99.COM AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA Jika Anda cukup percaya akan kemampuan SEO Anda, silahkan daftarkan web terbaik Anda SEKARANG JUGA! Dan menangkan hadiah pertama Rp. 10.000.000. Keputusan untuk Pemenang Akan di tentukan dengan aturan kontes SEO yang dapat dilihat di halaman ini.

    Tunggu apa lagi? Ikuti kontes ini sekarang juga!

    CONTACT US
    - Phone : 85570931456
    - PIN BB : 2B48B175
    - SKYPE : VIPQIUQIU99
    - FACEBOOK: VIPQIUQIU99

    BalasHapus
  8. I'm Sonja McDonell, lesbian, 23, Swiss Airlines Stewardess With 13 cities overseas, very tender with much fantasies at emergency cases in my beloved job. Lesbian sex is an established part in the worlwide society since the early 1900. We've some cells in our brains in a young age, wich so called normal girls don't have. These cells become active during the early puberty, mostly with ~ 12 yo, depending on the countries. They can never be erased & it's important to keep them active for a healthy life. 1 of the recommendations in the Internet is to masturbate & to make our clitoris always stiff in a young age, to make it longer. When it's longer, then it's also possible to have a wonderful clitorial orgasm, which makes our bodies tremble ........ Sex in the conservative islam Indonesia before being married is a shame, especially, when girls do it together. I had some discussions with girls & also married women Jakarta & Medan & all, except one, the 27 yo Indonesian airlines stewardess Sawati in a Soekarno airport restaurant confirmed it me. She has only opportunities in her foreign towns & mostly in Bangkok & Rio de Janeiro. I cannot belive it, because sexual relations are a part of the nature & it's implanted by our god & Allah. Which is your meaning? Thx in advance for your answer.
    Regards
    Sonja (sonjamcdonell@yahoo.com)

    BalasHapus